Selasa, November 02, 2010

POKER.JAVA

Program dengan nama POKER.java ini berisikan mengenai sebuah permainan, dimana Ada 3 karakter didalam permainan ini, yang pertama adalah pemain(player),kedua adalah monster dan yang ketiga adalah genie

Pemain/player ini disituasikan didalam sebuah rungan yang memiliki 4 buah pintu, masing-masing Pintu barat (W), pintu timur (E), pintu selatan (S), pintu utara (N) yang sebelumnya telah diacak dan pemain diarahkan untuk menebak/menemukan pintu keluar tanpa bertemu dengan monster, karena jika pintu yang dipilih berisi monster maka pisang dan jeruk yang dimiliki oleh pemain saat mulai permainan akan dimakan oleh monster tadi, sebaliknya jika pintu yang dipilih berisikan tokoh / karakter dalam permainan ini yang bernama genie maka pemain akan ditambahkan sejumlah 2 pisang dan 1 jeruk. Selain pintu-pintu yang berisikan tokoh / karakter tadi ada pula pintu yang berisikan gambar, dan bila pintu ini dibuka oleh pemain, itu tidak berpengaruh terhadap jumlah pisang dan jeruk yang dibawa oleh pemain (dalam permainan pintu ini hanya akan menampilkan gambar).

Pada akhir permainan (ditemukannya pintu keluar) jumlah pisang dan jeruk yang dibawa oleh pemain akan diakumulasi menjadi skor untuk pemain itu, jadi dalam permainan ini, pemain diajak untuk mengumpulkan skor sebanyak mungkin dengan cara menebak pintu mana yang bukan berisikan monster

Code Program


Penjelasan Code Program


Potongan koding diatas merupakan bagian dari class, dimana pada baris pertama dan kedua yaitu statement “import javax.swing.JOptionPane; dan public class POKER” masing masing berfungsi untuk dapat menampilkan penginputan berupa tampilan message box yang nantinya untuk input nama pemain dan monster, sedangkan baris kedua yaitu penamaan class dengan nama POKER, selanjutnya pendeklarasian variable dimana int a dengan nilai = 5 dan l= 3 lalu var NAME dan POKER_NAME dengan tipe string untuk penginputan nama pemain serta monster nantinya pada perintah selanjutnya yang menggunakan tampilan berupa input dialog. Setelah pendeklarasian variable lalu ada statement “BEGIN”, statement ini berfungsi untuk memanggil method BEGIN


Isi dari method DOOR yang isinya merupakan langkah awal dari permainan game ini yaitu keadaan pemain saat memulai game dengan jumlah banana dan orange yang dimiliki pemain pada awal permainan game ini.
String banding,T=""; → Mendeklarasikan variable banding dan T sebagai string
int ACAK; → Mendeklarasikan variable ACAK sebagai int, kemudian melakukan
do{ perulangan
banding = JOptionPane.showInputDialog("Pick a door to open by typing: [W/N/E/S] :
");
→ Merupakan isi dari prosedur pilih pintu yang berupa proses penginputan (Input Dialog) pemilihan pintu dengan cara memilih W/N/E/S, kemudian akan disimpan di variable pilih, dan untuk menghindari case sentive digunakan perintah choose.toUpperCase( );

Kemudian dilakukan proses seleksi dengan perintah If pada variable pilih yaitu dengan melakukan pembalikan nilai dari variable pilih ke variable T karena variable T merupakan string kemudian jika tidak terpenuhi maka akan ke baris If Else dan seterusnya jika tidak ada satupun perintah If Else yang terpenuhi maka akan menampilkan output “The Door Not Found Please type the right alfabeth”
Jika tidak terpenuhi maka dilakukan proses seleksi kembali
ACAK= 1 + (int)(Math.random()*4); → Melakukan proses pengacakan pada variable ACAK
kemudian pemilihan nilai yang ada di variable acak jika nilainya
1 : maka akan masuk ke prosedur red_devil
2 : maka akan masuk ke prosedur genie
3 : maka akan masuk ke prosedur picture
4 : maka akan masuk ke prosedur exit

method monster. Pada mehod ini ada pendeklarasian variable dimana banana dan orange bertipe integer, Kemudian menetapkan nilai yang ada di variable banana sama dengan nilai yang ada di variable a dan untuk nilai di variable orange sama dengan nilai di variabel l . Setelah itu melakukan proses perhitungan yaitu nilai yang ada di variable a akan di kurang nilai yang ada di variable banana dan begitu pula dengan nilai di variable l akan di kurang dengan nilai yang ada di variable orange
System.out.println("WATCH OUT MAN!!!!");
System.out.println(POKER_NAME+" attacks you and steal all of your bananas and oranges"); →
Akan menampilkan output kalimat "WATCH OUT MAN!!!!" dan nama monster( dari var POKER_NAME) beserta kalimat +" attacks you and steal all of your bananas and oranges"
Lalu mencetak baris kosong, setelah itu memanggil kembali method begin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

am proud to be moeslim..,how about you ??