Senin, November 22, 2010

ORACLE 2

Nama Table : - Kelas

- Dosen

Program : MySQL

LISTING PROGRAM

1. Pertama-tama buat dahulu table Kelas dengan beberapa field, field itu terdiri dari NPM dengan tipe char , Nama dengan tipe char, Kelas dengan tipe char. Kemudian tetapkan primary key di field NPM dengan menggunakan constraint.

Koding

Sql> Create table kelas (Npm char(8), Nama char(20), Kelas Char(5),

> Constraint kelas_Npm_pk primary key(Npm);

2. Masukkan data kedalam table kelas sebanyak 4 record. Data tersebut diisi sesuai kehendak anda dan tidak melebihi jumlah karakter yang ditetapkan.

Koding :

mysql > insert into kelas values (‘50407253’,’Destri’,’3ia03’);

mysql > insert into kelas values (‘50407254’,’Akbari’,’3ia03’);

mysql > insert into kelas values (‘50407255’,’Davina’,’3ia03’);

mysql > insert into kelas values (‘50407256’,’Albana’,’3ia03’);


1. Kemudian buat table dosen dengan beberapa field, field itu terdiri dari NPM dengan tipe char , dosen dengan tipe char, nilai dengan tipe char. Kemudian tetapkan primary key di field NPM dengan menggunakan constraint.

Koding

Sql> Create table dosen (Npm char(8), Dosen char(20), Nilai char(2),

> Constraint dosen_Npm_fk foreign key(Npm)

> References kelas (Npm));

2. Masukkan data kedalam table dosen sebanyak 4 record. Data tersebut diisi sesuai kehendak anda dan tidak melebihi jumlah karakter yang ditetapkan.

Koding :

mysql > insert into dosen values (‘50407253’,’Diah’,’98’);

mysql > insert into kelas values (‘50407254’,’Avi’,’99’);

mysql > insert into kelas values (‘50407255’,’Fani’,’97’);

mysql > insert into kelas values (‘50407256’,’Nina’,’96’);

Output

LOGIKA PROGRAM

Praktikum kali ini adalah memahami cara kerja constraint. Constraint adalah batasan, batasan yang digunakan untuk keperluan masing-masing table bahasa sql. Constraint terdiri dari 5 macam yaitu Not Null, Primary Key, Foreign Key, Unique, Check. Tapi pada laporan kali ini yang dipelajari adalah tentang primary key dan foregn key. Primary key adalah sebuah kolom atau kombinasi kolom yang mengidentifikasikan tiap baris pada table secara unik. sedangkan Foreign key menugaskan sebuah klom atau kombinasi klom sebagai child key dan membentuk sebuah relasi dengan primary key pada table yang sama atau table yang berbeda. Nama lain dari Primary key adalah parent table dan nama lain dari foreign key adalah child table.

Langkah awal yang dilakukan adalah membuat sebuah table kelas dengan tiga buah field yaitu Npm dengan tipe char, Nama dengan tipe char dan kelas dengan tipe char,. Kemudian tetapkan NPM sebagai primary key dengan menggunakan constraint . Jadi NPM memiliki nilai yang unik dan tidak boleh Null atau tak berisi. Untuk melihat hasilnya gunakan sintak desc(nama_tabel);



Setelah selesai. Buatlah table kedua dengan nama dosen yang memiliki tiga buah field yaitu Npm dengan type char, Dosen dengan type char dan Nilai dengan type char. Kemudian tetapkan NPM sebagai foreign key, mereferensi dari table kelas dimana field Npm sebagai primary key, gunanya disini adalah agar adanya keterhubungan antar dua table tersebut. Maka setelah table gunakan sintak desc(nama_tabel) untuk melihat hasilnya

kemudian isi kedua table itu dengan 4 buah record dengan menggunakan koding program seperti listing di atas. Setelah kedua table tersebut selesai dibuat dan diinputkan data, untuk melihat isi keseluruhan dari table tersebut dapat menggunakan statement pada data retrieval.

Yaitu select * from (nama_tabel);

OUTPUT PROGRAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

am proud to be moeslim..,how about you ??